10 Manfaat Utama Air Kelapa Bagi Tubuh Manusia


Hampir semua orang pernah minum air kelapa. Air kelapa disukai orang karena rasanya yang segar apalagi di saat udara panas apalagi jika diminum dingin. Rasanya semua orang menyukai air kelapa, bahkan monyetpun menyukai air kelapa. Air kelapa selain sebagai minuman pelepas dahaga ternyata mengandung banyak manfaat lainnya. 

Berikut ini 10 manfaat utama air kelapa bagi tubuh :

1. Air Kelapa kaya akan Nutrisi alami

Saat ini banyak dijual minuman isotonik yang dikatakan banyak mengandung ion atau elektrolit untuk tubuh. Air kelapa adalah minuman yang secara alami mengandung banyak nutrisi yang berguna bagi tubuh yaitu lima elektrolit penting seperti kalsium, magnesium, fosfor, potasium, dan sodium.Komposisi air kelapa yang unik membuat air kelapa aman dikonsumsi oleh manusia dalam kondisi kesehatan yang berbeda-beda. Minuman yang banyak dijual mungkin baik tapi air kelapa lebih baik karena air kelapa mengandung bahan-bahan alami.

2. Sebagai Minuman Hidrasi

Air kelapa sangat efektif mengatasi kekurangan cairan tubuh ( dehidrasi ) saat berolahraga atau beraktivitas lainnya. Sebagai minuman untuk hidrasi, air kelapa mengandung berbagai mineral yang hilang bersama cairan tubuh saat kelelahan atau kekurangan cairan tubuh. Kandungan mineral di dalam air kelapa adalah potasium 294 mg dan 5 mg gula alami per gelas air kelapa. Sementara minuman isotonik yang biasa ada di pasaran hanya mengandung setengah jumlah potasium dari air kelapa per gelasnya, yang buruk adalah minuman di pasaran tersebut mengandung gua lima kali jumlah gula dalam air kelapa per gelasnya.  

3. Membantu Mengurangi Berat Badan

Air kelapa ternyata sangat baik untuk mengurangi berat badan. Air kelapa mengandung sedikit gula dan sangat sedikit lemak, jadi tidak perlu kuatir meminum air kelapa dalam jumlah banyak. Air kelapa juga membuat tubuh cepat merasa kenyang dan mengurangi rasa lapar, maka sangat baik apabila minum air kelapa saat makan untuk yang menjalani program mengurangi berat badan ataupun untuk menjaga bentuk tubuh ideal. 

4. Membantu Proses Pencernaan

Ternyata air kelapa mempunyai manfaat lain yang juga penting, yaitu membantu proses pencernaan. Hal ini disebabkan air kelapa mengandung jumlah serat yang tinggi. Air kelapa juga membantu mengurangi gejala refluks asam lambung. Jadi sangat baik juga untuk yang mempunyai sakit maag ataupun yang mempunyai jumlah asam lambung tinggi.

5. Seperti Darah Manusia

Air kelapa adalah cairan isotonik yang mirip sekali dengan plasma darah manusia. Dalam keadaan darurat, air kelapa dapat digunakan sebagai pengganti plasma darah, bahkan di negara-negara miskin air kelapa digunakan untuk menyelamatkan manusia yang mengalami kekurangan plasma darah.

6. Baik Untuk Ibu Hamil

Air kelapa merupakan cairan yang sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Hal ini karena air kelapa mengandung berbagai zat yang bermanfaat, seperti elektrolit, kalsium, potasium, sodium, vitamin C yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Air kelapa juga bisa mengurangi 'morning sickness' dan mencegah muntah-muntah yang sering dialami oleh ibu-ibu hamil. Jadi sangat penting diperhatikan oleh ibu hamil maupun para suami yang mempunyai istri yang sedang hamil untuk menyediakan air kelapa sebagai menu di saat kehamilan. 

7. Kesehatan Kulit

Bagi yang mengalami masalah jerawat, air kelapa bisa digunakan untuk menyembuhkan jerawat. Cucilah wajah anda dengan air kelapa secara teratur untuk mengurangi minyak di wajah sekaligus melembabkan kulit wajah yang juga menghilangkan jerawat. Meminum air kelapa jga dapat mengurangi jumlah minyak di kulit dalam jumlah besar. Tidak heran bila banyak kosmetik mengandung ekstrak air kelapa. So meminum secara langsung akan lebih baik bukan? 

8. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Air kelapa banyak mengandung nutrisi penting bagi tubuh manusia, diantaranya riboflavin, niasin, thiamin, piridoksin, dan asam folat. 
Air kelapa juga mempunyai sifat anti virus dan anti bakteri sehingga mampu meningkatkan kekebalan tubuh manusia dan juga menyembuhkan penyakit flu.

9. Sebagai Antioksidan

Air kelapa memiliki kandungan antioksidan yang cukup baik untuk membantu menghilangkan radikal bebas yang merupakan faktor penyebab kanker. Efek racun penggunaan antibiotik juga bisa diatasi denngan meminum air kelapa. Jadi bagi anda yang sedang mengkonsumsi obat yang mengandung antibiotik sebaiknya meminum air kelapa untuk mengurangi efek negatif dari antibiotik. 

10. Menurunkan Tekanan Darah

Penelitian menunjukkan bahwa orang dengan tekanan darah tinggi biasanya memiliki kadar kalium yang rendah di tubuhnya. Meminum air kelapa dapat meningkatkan jumlah kalium dalam tubuh sehingga bisa menurunkan tekanan darah. Bila penderita hipertensi meminum air kelapa secara teratur, maka tekanan darahnya bisa berkurang hingga 71 %.

Load disqus comments

0 comments