Kandungan Makanan Anjing Yang Berbahaya Bagi Anjing Anda. Penting!

Dog Food. Source : urgdog

Bagi para pemilik anjing, memberi makanan secara rutin untuk anjing peliharaan mereka adalah hal wajib yang harus dilakukan. Banyak pemilik anjing memilih memberi makanan anjing siap saji atau produk Dog Food buatan pabrik untuk kepraktisan. Namun sangat penting untuk memperhatikan kandungan dalam dog food tersebut agar terhindar dari bahan-bahan berbahaya dalam produk dog food di pasaran. 

Pengawet merupakan bagian penting untuk memastikan makanan anjing Anda tetap aman dikonsumsi alias awet setelah diproduksi. Nutrisi lemak hewani dalam makanan anjing dapat merusak dengan cepat tanpa pengawet. Tetapi ada perbedaan mencolok antara pengawet alami dan pengawet buatan. Dan, makanan anjing tidak hanya sering mengandung pengawet berbahaya, ada bahan makanan anjing yang harus dihindari dan berhati-hati ketika memilih makanan anjing yang tepat untuk hewan peliharaan Anda.

Pengawet alami

Pengawet ini sering berasal dari vitamin C atau E. Mereka biasanya terdaftar sebagai “tokoferol,” “tokoferol campuran”, “asam askorbat,” atau “askorbat,” dan dianggap aman untuk dikonsumsi anjing. Rosemary juga kadang-kadang digunakan sebagai pengawet alami. makanan kaleng tidak perlu bahan pengawet sama sekali, karena proses pengalengan inheren mempertahankan makanan.


Pengawet buatan

Paparan jangka panjang untuk pengawet buatan dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius untuk anjing Anda. 
Berikut ini adalah melihat beberapa bahan makanan anjing umum untuk menghindari karena berkaitan dengan pengawet buatan.

Ethoxyquin

Bahan pengawet ini tidak hanya ditemukan itu makanan anjing, tetapi juga digunakan sebagai pestisida, dan sebagai zat pengeras dalam proses manufaktur karet sintetis. Ini adalah salah satu bahan makanan anjing untuk dihindari. Ini adalah kemungkinan penyebab kerusakan ginjal dan kerusakan hati, kebutaan, kanker (hati, limpa, lambung, kulit), leukemia, dan sindrom defisiensi imun pada anjing. Sementara bahan ini diperbolehkan di AS, tapi belum disetujui untuk digunakan dalam makanan anjing di Australia dan Uni Eropa.

Butylated hydroxyanisole (BHA) dan Butylated hydroxytoluene (BHT)

BHA terutama digunakan dalam mengawetkan makanan manusia dan anjing / kucing dan merupakan salah satu kandungan bahan makanan anjing paling penting untuk dihindari kalangan pemilik anjing dan spesialis gizi. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan telah diidentifikasi oleh Negara Bagian California sebagai karsinogen alias zat berbahay bagi tubuh. BHT dapat ditemukan di pembalseman cairan, kosmetik, produk minyak bumi, obat-obatan, pestisida, dan banyak lagi. Bahan ini menjadi penyebab timbulnya kanker pada anjing dan manusia.

Propilen glikol

Ini merupakan produk yang ditemukan di anti-beku dan rokok elektronik! Hal ini membingungkan mengapa digunakan dalam makanan anjing, sebagai anti  pembekuan karena bahan ini adalah racun bagi hewan. Bahan ini digunakan untuk mengurangi kelembaban dan mencegah pertumbuhan bakteri dalam makanan anjing, yang juga mengurangi bakteri baik dan kelembaban yang dibutuhkan untuk membantu anjing Anda benar mencerna baik. Hal ini menyebabkan penyumbatan usus dan dapat menyebabkan lesi kanker di usus. produsen makanan anjing mengklaim dosis sangat kecil sehingga tidak menimbulkan risiko, tapi kami sangat tidak setuju dan ini adalah salah satu bahan makanan anjing yang sangat penting untuk dihindari.

TBHQ

TBHQ singkatan Butylhydroquinone tersier. Ini adalah pengawet lemak yang memperpanjang umur simpan. Hal ini juga digunakan untuk membuat resin, pernis, dan lak. DAN, TBHQ dapat digunakan untuk menstabilkan senyawa peledak! Studi dari TBHQ telah menyimpulkan kemampuannya untuk menghasilkan tumor perut pra-kanker pada hewan laboratorium, dan dapat merusak DNA sel. Para peneliti percaya bahwa konsumsi jangka panjang TBHQ dapat menyebabkan jenis kanker lainnya juga.

Propil Gallate

Propil gallate sering digunakan dalam hubungannya dengan BHA dan BHT dalam makanan, perekat, lubicants, produk rambut, dan permen karet dan permen. masalah kesehatan yang berhubungan dengan pengawet ini adalah bahan ini penyebab kanker tiroid, otak, pankreas, dan tumor adrenal, dan peradangan prostat.

Sirup jagung dan jagung

Sirup jagung adalah pemanis yang tidak perlu untuk makanan anjing dan dapat menyebabkan anjing menjadi hiperaktif, kenaikan berat badan, diabetes, dan perubahan suasana hati dan mental pada anjing. Jagung merupakan pengisi murah yang digunakan dalam makanan manusia dan hewan peliharaan, dan tidak memberikan semua asam amino yang dibutuhkan anjing Anda. Hal ini juga sangat sulit untuk dicerna, hanya menambahkan satu alasan lagi untuk membuat ini salah satu bahan makanan anjing untuk dihindari.

Sodium Metabisulfite

Ini adalah pengawet yang umum ditemukan dalam makanan manusia dan hewan peliharaan, anggur, zat pemutih untuk tekstil, bahan kimia, obat-obatan, dan pengolahan air / limbah. Jika terhirup, natrium metabisulfit dapat menyebabkan reaksi asma seperti dengan sesak napas dan batuk. Ketika dicerna, anjing bisa mengalami diare, mual, muntah, sakit perut, masalah sistem peredaran darah, dan depresi sistem saraf pusat. Jika anjing sensitif terhadap sulfit, natrium metabisulfit dapat memiliki konsekuensi parah, seperti: kesulitan bernafas, sesak napas, mengi, batuk, dan shock.

Sodium Hexametaphosphate

Hal ini sering digunakan dalam makanan hewan peliharaan untuk membantu mengurangi karang gigi anjing Anda. Namun, itu bisa berbahaya dalam dosis tinggi, dan menyebabkan masalah pencernaan. Bahan kimia ini berbahaya bagi manusia, karena dapat mengiritasi kulit dan tidak boleh terhirup atau tertelan. Anda dapat meminta dokter hewan Anda untuk merekomendasikan produk gigi lainnya yang alami dan aman untuk anjing Anda.

Selulosa

Selulosa adalah serat tanaman atau kayu yang sulit dicerna. Produsen makanan anjing menggunakan selulosa karena merupakan pengikat, emulsifier, dan bahan anti kering yang murah. Pada Makanan manusia ditemukan juga, di makanan dari restoran cepat saji, granola bar, daging olahan dan keju, dan bahkan suplemen utnuk diet sehat. Hal ini bukan sumber serat  yang tepat untuk Anda atau hewan peliharaan Anda. Jika anjing Anda memiliki makanan yang seimbang dengan sayuran bergizi dan buah-buahan, mereka mendapatkan serat alami yang mereka butuhkan.

Hewan Produk

Pernah bertanya-tanya apa istilah “hewan-produk” sebenarnya mengacu pada dalam makanan hewan peliharaan Anda? Hal ini dimaksudkan untuk memberikan protein, tapi sebenarnya itu hanyalah pengisi protein yang murah yang mengandung sedikit protein. Ini adalah sisa-sisa bangkai binatang setelah daging dan tulang telah diambil. Kita tidak tahu hewan yang digunakan atau bagian-bagian yang sebenarnya yang telah dipecah dan ditambahkan ke makanan. Paruh, kuku, kulit, rambut, dan bulu bisa terkandung dalam bahan makanan anjing atau dog food Anda. Animal-by product atau kandungan bahan dari hewan sangat banyak digunakan dalam berbagai merek makanan anjing, tapi bahan ini adalah salah satu bahan makanan anjing terpenting untuk dihindari karena bahkan dapat berisi apa yang dikenal sebagai 4D daging. Artinya, daging yang berasal dari hewan yang sudah mati, sakit, mati, atau cacat sebelum diproses. Jenis daging ini tidak disetujui untuk konsumsi manusia dan kita tidak boleh juga memberikan makanan itu untuk anjing kita!

Sodium Tripolyphosphate (STPP)

Natrium tripolifosfat adalah bahan pelembut atau softener yang digunakan dalam deterjen. Hal ini juga dapat ditemukan pada ikan dikemas dan makanan laut lainnya untuk konsumsi manusia. Dan, Anda mungkin menemukan bahan ini di fungisida, rodentisida, dan insektisida. Ini adalah bahan kimia berbahaya bagi kulit dan tidak boleh dihirup. Para peneliti di Institut Nasional untuk Keselamatan dan Kesehatan (sebuah divisi dari CDC) percaya ini adalah racun bagi syaraf atau neurotoxin.

Ada beberapa bahan makanan anjing untuk dihindari dan ini bukan daftar yang lengkap, slah satunya bahan yang mungkin membuat anjing anda alergi. Anjing Anda mungkin juga memiliki alergi makanan atau intoleransi yang akan perlu ditangani dengan nutrisi yang tepat dan juga  bahan-bahan kandungannya. Sanagt penting untuk membaca label makanan anjing dengan teliti dan mencari tahu setiap bahan-bahan yang tidak Anda kenal. Jika Anda ingin anjing Anda untuk hidup bahagia dan hidup sehat. Memilih makanan untuk anjing Anda yang tepat sangat penting.

Setelah kita membaca hal di atas, mungkin kita teringat berbagai kasus kesehatan atau sakit pada anjing-anjing seperti kanker, tumor, gangguan syaraf, dan lain-lain. Penting untuk kita ingat kembali makanan anjing atau Dog Food apa yang selama ini kita berikan untuk anjing kita dan apakah mengandung bahan-bahan berbahaya tersebut di atas.  Akan lebih baik jika anjing diberi makanan alami atau natural food yang kita olah sendiri dengan menghindarai bahan-bahan makanan yang tidak boleh untuk anjing seperti bawang, anggur, coklat, gandum, gula jagung atau lainnya. 

Semoga info ini bermanfaat bagi semua pemilik anjing. Silahkan bagikan kepada teman dan saudara agar anjing-anjing kita sehat selalu dan terhindar dari bahan berbahaya di atas. 

Sumber : dogfoodinsider

Load disqus comments

0 comments