Hilangkan Uban Dengan Bahan Makanan Ini, Alami dan Aman

Gray Hair. Image from menshealth.com
Uban atau rambut putih biasanya timbul pada orang-orang yang sudah tua. Namun sekarang ini banyak orang yang masih mudapun memiliki uban di kepalanya. Hal ini terkait gen atau sebab-sebab yang lain. Rasanya kurang nyaman bila masih muda sudah memiliki uban di rambut ya? 

Uban dapat diatasi dengan cat rambut. Namun cat rambut biasanya mengandung bahan kimia  berbahaya yang justru merusak rambut dan malah memperbanyak uban. Tidak enak ya.

Ada beberapa cara alami untuk mengatasi Uban. Salah satunya dengan kentang.

Kentang kita kenal sebagai bahan makanan lezat yang banyak dimanfaatkan untuk membuat berbagai jenis masakan. Kentang biasanya digunakan sebagai sumber karbohidrat. Masakan yang menggunakanakentang diantaranya sop, rendang, steak, french fries (kentang goreng khas perancis), ataupun sebagai bubur. Namun ternyata kentang mengandung khasiat atau manfaat lain yaitu sebagai bahan untuk mengatasi uban atau rambut putih. 

Kentang yang mengandung zat-zat  fosfor, zat besi, kalsium, serat, kalium, protein dan Vitamin A, B dan C, sehingga pertumbuhan rambut lebih kuat dan berkurang shedding atau menipis. Dan bukan hanya itu, kulit kentang juga bisa untuk mengatasi atau mnghilangkan uban. Siapa yang tahu bahan sayur sederhana bisa begitu menguntungkan? Walaupun mungkin tampak sedikit tidak biasa untuk menggunakan kentang sebagai perawatan rambut, Anda mungkin ingin membaca tentang manfaat yang Anda akan dapat dengan mencobanya. Tidak ada salahnya untuk mencoba bahan alami ini bukan ?

Manfaat Keramas dengan Kentang

Kentang tidak hanya enak dimakan dan dapat menghapus lingkaran hitam dari bawah mata Anda, tetapi mereka juga telah dikenal untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan menggelapkan uban Anda. Meskipun bukan pengobatan permanen, kulit kentang dapat menambahkan beberapa kilau yang sangat dibutuhkan untuk rambut Anda dan juga membuat mereka jadi hitam lagi. Pati dalam sayur sebagai pewarna alami, dan telah digunakan sebagai alternatif bahan pewarna untuk kain selama berabad-abad. Dengan itu dikatakan, juga telah terbukti sangat efektif dalam membuat gelap uban atau rambut putih jika digunakan secara konsisten.

Berikut adalah Cara  Menggunakan Kentang Untuk Mengatasi Uban :
  • Kulit kentang dari sekitar 6 kentang (semakin banyak jumlah kulit kentang semakin baik).
  • Sebuah panci air mendidih (Anda dapat menyesuaikan ini sesuai dengan panjang rambut Anda dan ketebalan)
  • Minyak atsiri (opsional)
  • saringan / kain 
  • mangkuk bersih
Tambahkan kulit ke panci dan panaskan sampai mendidih selama minimal 25 menit. Matikan panci dan biarkan 15 menit. Gunakan saringan / kain, saring cairan ke dalam mangkuk bersih untuk membuang kulitnya atau ampasnya. Tambahkan beberapa tetes minyak favorit Anda jika Anda ingin, dan biarkan bilas dingin dalam suhu kamar sebelum menggunakannya.

Bagaimana cara menggunakan :

1. Shampoo rambut Anda lebih dahulu, agar kondisi rambut Anda bersih dan mencegah rambut Anda kusut. Bilas
2. Bagi rambut Anda menjadi beberapa bagian ( seperti ingin mengepang rambut) yang Anda butuhkan (4-6 tergantung pada ketebalan dan panjang)
3. Tuang air rebusan kulit kentang tadi ke rambut Anda sehingga benar-benar dilapisi. Pastikan untuk menerapkan air tersebut ke kulit kepala Anda juga untuk beberapa stimulasi kulit kepala yang baik. Pijat-pijat lembut 
4. Bilas dengan air dingin, atau Anda dapat membiarkannya di rambut Anda dan keringkan rambut dengan kain atau handuk.
5. Rapikan rambut Anda

Penggunaan tergantung pada berapa banyak uban yang Anda miliki dan seberapa gelap Anda ingin buat uban Anda, Anda akan harus mengulangi proses pembilasan beberapa kali untuk hasil yang baik.

Penggunaan bahan alami untuk rambut lebih baik dibandingkan bahan-bahan kimia yang justru akhirnya merusak rambut. Bahan-bahannyapun tidak mahala dan mudah cara pembuatannya. Silahkan mencoba!

Jangan lupa bagikan kepada yang lain. 

Sumber : Huffington Post
Load disqus comments

0 comments