Pemilik ZARA Melewati Bill Gates Menjadi Orang Terkaya di Dunia Saat Ini

Amancio Ortega, ZARA owner. Image from emaze.com


Hampir semua orang di dunia menyebut Bill Gates sebagai orang terkaya di dunia jika ditanya siapa orang terkaya di dunia. Selama 20 tahun terakhir Bill Gates telah 17 kali menjadi orang terkaya di dunia. Bill Gates adalah pendiri dan pemilik perusahaan Microsoft yang memproduksi software Windows, yang mendominasi dunia. 

Namun sekarang, Bill Gates bukan orang yang terkaya di dunia lagi. Siapa orang yang melewati kekayaan Bill Gates? Ya, dia adalah Amancio Ortega, pemilik perusahaan raksasa di bidang fashion dengan merk terkenalnya ZARA. Amancio pemilik Inditex, perusahaan induk yang membawahi merk ZARA, Massimo Dutti, dan Pull & Bear yang terkenal di dunia. Amancio memiliki ratusan toko yang tersebar di seluru dunia, termasuk di Asia dan Indonesia.

Amancio Ortega saat ini memiliki kekayaan 79.5 miliar dollar melewati kekayaan sang penguasa bisnis komputer Bill Gates yang memiliki total kekayaan 78,5 miliar dollar menurut Fortune. Pakaian telah mengalahkan komputer saat ini rupanya. Kedua bisnis ini kalau dicermati adalah bisnis yang memproduksi barang yang menjadi kebutuhan pokok manusia, pakaian dan komputer (software). 

Kekayaan Amancio berfluktuasi cukup sering, Amancio sebelumnya beberapa kali telah melebihi kekayaan Bill Gates walau cuma sebentar. Bill Gates relatif lebih stabil dalam jumlah kekayaannya. Namun yang membuat istimewa Amancio sebagai orang terkaya di dunia adalah dia hanya sekolah sampai umur 13 tahun saja. Karena kemiskinan dia tidak bisa melanjutkan sekolah dan harus bekerja untuk membantu keluarganya. Sangat mengagumkan bukan? 
Ayah Amancio Ortega adalah pekerja rel kereta api di kota La Coruna, Spanyol. Amancio Ortega memulai bisnis pakaiannya yang terkenal di dunia dari ruang tamu rumahnya bersama dengan mantan istrinya, Rosalia Mera. Amancio bersama istrinya waktu itu meluncurkan merk ZARA pada tahun 1975.

Amancio Ortega menjadi istimewa karena kesederhanaanya, sehari-hari dia hanya menggunakan kemeja putih dan sesekali memakai blazer yang itu-itu saja warnanya. Amancio yang sederhana dan minim pendidikan formal dapat melewati kekayaan seorang genius di bidang komputer seperti Bill Gates dan menjadi orang terkaya di dunia, membuatnya menjadi sangat istimewa. 
Load disqus comments

0 comments