Menyekolahkkan Anak di Sekolah Mahal Tidak Menjamin Meningkatkan Nilai Akademis Anak Tanpa Hal Ini


Banyak orangtua menyekolahkan anaknya di sekolah mahal  supaya anaknya jadi lebih pintar dan memperoleh nilai tinggi. Namun, ternyata sekolah mahal tidak menjamin anak mendapatkan nilai tinggi dan cemerlang. Hal ini karena anak membutuhkan orangtua yang baik dan dekat dengan mereka untuk meningkatkan prestasi akademis mereka.

Sebuah studi dari North Carolina State University, Brigham Young University, dan University of California, menegaskan pernyataan dan kondisi yang diperlukan anak-anak usia sekolah zaman sekarang untuk meningkatkan kecerdasan akademis seperti tersebut di atas.

“Studi kami menunjukkan bahwa hubungan orangtua dan anak sangat penting. Orangtua harus lebih banyak menginvestasikan waktu mereka dalam kehidupan anak, seperti misalnya mengerjakan pekerjaaan rumahtangga, menghadiri acara sekolah, dan mengingatkan pada anak bahwa sekolah itu penting,” jelas Dr Toby Parcel, Profesor Sosiologi di NC State.

Dr Parcel yang juga rekan penulis studi mengatakan bahwa kedekatan antara orangtua dan anak mempunyai peran penting dalam meningkatkan kecerdasan dan prestasi akademik anak. 

Hasil studi ini berdasarkan penelitian terhadap 10.000 pelajar, orangtua, dan guru sekolah, dan petugas administrasi sekolah. Para peneliti mengatakan bahwa hubungan antara orangtua dan anak yang dekat dan hangat, meningkatkan semangat belajar sehingga berpengaruh baik pada nilai atau prestasi anak di sekolah.

Para responden guru sekolah dan administrasi sekolah juga mempelajari prestasi akademis dengan kondisi keluarga di rumah. Mereka melihat bahwa anak-anak yang memiliki hubungan serta komunikasi yang baik dengan orangtua, selalu berhasil membuat anak memperoleh nilai bagus, baik secara akademis maupun ekstrkurikuler.

Jadi bukan karena sekolah mahal maka anak otomatis menjadi pintar dan memperoleh nilai bagus di sekolah. Menyekolahkan anak di sekolah mahal tanpa memberikan perhatian dan hubungan yang dekat dan hangat dengan anak, tidak akan meningkatkan nilai akademis dan prestasi anak di sekolah.

Sumber : Science Daily

Load disqus comments

0 comments